Minggu, 15 Mei 2016

DESKRIPSI SERASAN KAMPONG KITE

Baik lah kawan-kawan pada kesempatan ini saya mencoba akan mendeskripsikan tentang kampung saya yang mempunyai keindahan alam sangat menawan,salah satunya adalah wisata pantai yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di indonesia.baiklah kita mulai saja.........

Serasan adalah sebuah kecamatan yang terbilang kecil dan mempunyai penduduk yang tidak sampai 10.000 jiwa,,ya memang kecil namun hal itu yang membuat saya slalu rindu akan suasananya yang aman,tentram dan nyaman di mana udara nya masih segar belum tercemari oleh polusi asap kendaraan,maklum namanya juga kampung jadi kendaraan yang mendominasi dalah motor.

Merupakan bagian dari kabupaten natuna srtasan terdapat di bagian selatannya,cukup jauh dari pusat kabupaten yaitu Ranai yg terlatak di pulau bunguran besar. dari kabupaten menuju ke kecamatan serasan membutuhkan waktu lebih kurang dua belas jam jika meggunakan kapal besar ( km.bukit raya ) dan bila menggunakan kapal perintis akan memakan waktu ya lebih lama lah.

Penduduk serasan pada umumnya beerja sebagaai nelayan sebagai mata pencahariannya,,itu disebebkan karena serasan mempunyai hasil yang berlimpah ruah,,sehingga laut merupakan tujuan masyarakat natuna untuk mengais rezeki. salah satunya m.yunus yang tidak lain adalah bapak saya yang lebih memilih untuk menjadi seorag nelayan dari pada menjadi seorang tukang bangunan,ia mengatakn menjadi nelayan mempunyai keasikan tersendiri dan merasa tenang ketika berada di laut. Alhamdulillah saya bisa menikmati bangku sekolah tingi dengan uang hasil laut dan juga hasil dari jualan ibu saya yang bernama ami.
waduuhh,,jadi introduce my parents,haha

yuk lanjutttt...
Selain dari hasil laut masyarakat serasan juga memiliki penghasilan dari buah cengkeh yang mereka tanam,namun cengkeh baru akan di panen dalam jngka waktu yang lumayan lama yaitu dalam jangka setahun hanya bisa berbuah 1 hingga 2 kai saja. sehingga masyarakat serasan memilih alternatif lain untuk menghasilkan uang. Serasan juga sudah terkenal sebagaai kecamatan penghasil tikar yang indah,yang merupakan peninggalan atau seni yg di diturunkan dari nenek-nenek sebelumnya,owh iya tikar serasan tidak hanya di pasarkan di natuna atau indonesia,bahkan tikar serasan juga sudah di pasarkan sampai ke malaysia timur loh,,amazing bukann???

Berselang berjalannya waktu kecamatan serasan kini terpecah menjadi dua karena pemekaran dari kkebijakan pemda natuna,,sehingga serasan kini memiliki 2 kecamatan yaitu kecamatan serasan dan serasan timur. Kecamatan serasan memiliki beberapa desa di antaranya desa pangkalan yang terletak di kamung genting,desa tanjung setelung,desa tanjung balau dan desa hilir,juga keluarahan serasan yang melingkup pelimpak,air sekain dan air raya.

Mengenai budaya yangg ada di serasan masih sangat kentl,masyarakat masih sangat menjaga budaya yang ada dan akan tetap akan di jaga agar budaya tersebut tidak akan luntur. sebagai contoh budaya yang masih di jaga adalah ketika ada peringatan hari besar keagamaan maulud nabi muhammad saw,masyarakata akan tetap melakukan pawai berjalan,saling mengujungi masjid yang ada dan membuat telor yang di beri warna merah beserta pulut kuning,hal ini tak pernah saya jumpai di kota temat saya tinggal sekarang.ini juga di sebabkan karena masyarakat serasan sebanyak 97% merupakan masyaarakat muslim

Bagaimana dengan wisata?????
Berbicara masalah wisata serasan mempunyai banyak daerah yang bisa di katakan syurga wisata,,gk terlalu berlebihan sya katakan sepeerti ini karena serasan mempunyai wisata menarik,misalnya pantai sisi yang sangat indah dengan pasir putih berkilauan berhadapan langsung dengan laut cina selatan yang biru dan seluas mata memandang akan membuat kita terpesona,tidak salah jika pada tahun 2006 pantai sisi di nobatkan sebgai pantai terindah dan alami di dunia. bentuk pantai nya yang melengkung seperti setengah lingkaran juga mempunyai nilai plus bagi pengunjung,

Selain dari pantai sisi tadi serasan juga masih menyimpan beberapa pantai yang juga menarik untuk di kunjungi yaitu pantai menntebung yang terdapat di serasan timur,desa payak pantai teluk ressak terdapat di desa jermalik pantai telok pakok di batu berian,dan masih banyak lokasi yang bisa di jadikan sebagai tujuan wisata para pembaca.Semogaa para pembaca tertarik untuk mencoba menikmati wisata yang ada di serasan.


Cukup smpai di sini dulu ya deskripsi saya tentan serasan jika ingin mengetahui lebih jelas silakan bertanya di kolom komentar,,semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi gambaran bagi pembaca yang bertanya seperti apa serasan.

tulisan ini teruntuk orang yang saya sayangi,,yaitu kedua orang tua saya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan beri komentar anda!!!