Jumat, 29 November 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN JURNALISTIK

saya ingin berbagi pengetahuan sedikit kepada para pembaca mengenai sejarah jurnalistik,semoga bermanfaat yaaaaa.


SEJARAH DI ROMAWI
- kegiatan jurnalistik sudah berlangsung sangat tua,di mulai zaman romawikuno ketika julius caesar berkuasa

-waktu itu,ia mengeluarkan peraturan agar kegiatan-kegiatan senat setiap hari di umum kan kepada khalayak ramai dengan di tempel pada semacam papan pengumuman yang di sebut denagn acta diurna.

-jurnalistik bersifat informasi saja yang sesuai dengan keinginan raja
-acta diurna terbit 59 SM di zaman julius caesar

MESIN CETAK DI TEMUKAN
tahun 105 kertas di temukan oleh orang china bernama tsai lun.dari china,kertas menyebar ke arab sekitar abad ke 5.dan orang eropa belajar membuat kertas sekitar abad ke 16.

-penemuan kertas ini mengiring pada lahir nya surat kabar yang di cetak dengan mesin pencetak
-penemu mesin cetak adalah orang eropa johan gutternberg (1400-14680) yang berasal dari mainz,jerman.ia berhasil menciptakan mesin cetak pada tahun 1456 dan di namailah mesin cetak gutternberg.

MEDIA PERTAMA
-surat kabar yang pertama bernama relation pada tahun 1605 dikerjakan oleh johan carolus dari kota strasbourg,perancis
-surat kabar yang mulai menggunakan  kertas dan di cetak lebih terperinci adalah journal an sou de nouvelle yang terbit di prancis pada masa napoleon bonaparte  abad ke 17 ,berisi tentang perjalanan tentara  napoleon dari paris menuju napolli di itali.
-di jerman  pada tahun 1609 muncul avisa relation oder zaitung sebagai surat kbar pertama ,sedang di inggris adalah weekly news yang di terbitkan di london pada tanggal 23 mei 1622
-yang di anggap sebagai benar-benar surat kabar yang terbit secara tercetak dan teratur setap hari adalah oxford gazette pada tahun 1665 yang kemudian di ganti namanya menjadi london gazette.
-henry mudiman adalah editor pertama dari surat kabar tersebut yang pertama kali memperkenalkan istilah news paper yang di gunakan sekarang ini.namun,surat kabar tertua di dunia adalah post-och inrikes tidningar yang masih ada sampai sekarang inimyang berasal dari swedia pada tahun 1645.

PERKEMBANGAN MEDIA
-dengan muncul nya pers yang terbit ssecara tercetak dan teratur seperti itu,negara dan gereja mengeluakan  peraturan-peraturan yang bersifat pembatasan yang mencegah di beritakan nya  hal-hal yang merusak norma(pernicius),subversif(subversife) menghina tuhan dan lain-lain.
pembatasan tersebut mengundang tantangan dan protes .sebagai contoh di inggris pada tahun 1644 hadir john milton yang memperjuangkan kebeasan pers terkenal dengan areopagitica a defense of unlicenced printing yang di aksud dengan kebebasan mengemukakan pendapat.(liberty to express of opinion).
-pada abad 17 itu pengaruh milton sangat besar terhadap jurnalistik pada waktu bukan saja menyiarkan berita yang bersifat informatve,tetapi juga opinionatif.bukan lagi memberitahukan kepada khalayak,tapi juga mempengaruhi masyarakat.

SEJARAH NABI NUH
-dalam beberapa catatan jurnalistik,wartawan/jurnalistik pertama di muka bumi ialah nabi nuh.nabi" itu arti nya pembawa berita.
-kantor berita pertama dari kapal nabi nuh.



@_@ udahan dulu lah yaa,,mudah"an apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat buat pembaca dalam menyelesaikan tugas yang berkenaan dengan jurnalistik.

mohon saran dan masukkan nya yaa jika ada kekurangan dalam saya mengepos tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan beri komentar anda!!!